Perca Tenun, Sisa Produksi Tapi Menghasilkan

Ditangan orang kreatif, apapun bisa menjadi barang yang bermanfaat, termasuk sisa bahan kain tenun yang sudah diproduksi menjadi pakaian. Orang menyebutnya ini perca tenun, tapi di desa Troso Jepara yang terkenal sebagai sentra tenun ikat bahan sisa produksi pakaian ini dinamakan "dodotan".

Sebelum diolah, perca tenun harus dipisahkan terlebih dahulu guna untuk menentukan barang yang akan dibuat, di KAIN RATU perca terbagi menjadi 3 bagian yaitu perca kecil biasanya dibuat menjadi pouch atau dompet tenun, kedua perca sedang, perca ini biasanya dibuat menjadi sling bag atau waistbag yang sekarang lagi happening dan yang ketiga perca lebar biasanya digunakan sebagai tas dengan ukuran yang besar, tas ini bisa digunakan untuk ngantor, tempat laptop atau buat hangout. 

Konsumen sangat suka dengan hasil tas dari bahan perca ini karena tas yang dihasilkan bermotif limited, 1 perca hanya bisa menjadi 1 tas, harga yang ditawarkan juga sangat amat terjangkau, tak heran tas tenun dari perca ini sangat laris manis di KAIN RATU.